10 Lokasi Wisata Favorit Di Kabupaten Cianjur || Part-2

11. Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah objek wisata yang didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann. Terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Kebun Raya Cibodas berada pada ketinggian 1.275 m diatas permukaan laut dan bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius. Kebun Raya Cibodas banyak dijadikan tujuan utama rekreasi keluarga di wilayah Gunung Gede Pangrango. Mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung puluhan kendaraan roda empat maupun bus, ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak, mushola, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka, dan camping ground seluas 3 hektare adalah alasan berekresai ke tempat ini bersama keluarga.

12. Kebun Teh Gedeh
Kebun Teh Gedeh

Kebun Teh Gedeh adalah sebuah perkebunan teh yang berada di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Hamparan alam yang memberikan pemandangan indah dan menyegarkan mata ini memiliki luas sekitar 1000 hektare dan berada pada ketinggian 900 - 1700 m diatas permukaan laut. Perkebunan teh ini telah ada sebelum tahun 1900-an dan merupakan perkebunan teh tertua di Pulau Jawa.

13. Kebun Teh Panyairan
Kebun Teh Panyairan

Kebun Teh Panyairan adalah kawasan perkebunan teh yang berada di 2 wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Cempaka dan Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur. Diresmikan oleh Menteri Pertanian RI pada tanggal 1 Januari 1978 sebagai proyek perluasan kebun teh Pasir Nangka, kebun teh ini terdiri atas empat afdeling, yakni Afdeling Panyairan I seluas 313.00 ha dan Panyairan II seluas 278,23 ha terletak di Kecamatan Campaka , sedangkan dua Afdeling lainnya , Panyairan III seluas 205,06 ha dan Panyairan IV seluas 246,80 ha terletak di Kecamatan Sukanagara yang berjarak 12 km dari lokasi pabrik. Kini Kebun Teh Panyairan banyak dikunjungi orang dalam maupun luar kota sebagai objek wisata alam.

14. Kota Bunga
Kota Bunga

Kota Bunga adalah suatu kawasan Villa Estate yang dibangun di lahan seluas sekitar 125 Hektare, Hingga saat ini jumlah Villa yang dibangun telah mencapai sekitar 2500 rumah. Kota Bunga berada di wilayah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 700 m diatas permukaan laut. Berada di suatu lembah di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Terdapat Little Venice bernuansa Eropa, dan fasilitas lainnya yang dapat memberikan sensasi berbeda kepada Anda.

15. Pantai Apra
Pantai Apra

Pantai Apra adalah sebuah lokasi wisata laut yang terletak di Kecamatan Sindang Barang, Kabupaten Cianjur. Pantai Apra memiliki ombak yang lumayan besar dengan hembusan angin yang terasa kencang. Suasana alami sangat terasa disini karena selain faktor lokasi, pengunjung di pantai ini pun tidak sebanyak pantai lainnya, hanya pada momen-momen tertentu saja pantai ini dibanjiri para pengunjung.

16. Pantai Jayanti
Pantai Jayanti

Pantai Jayanti adalah sebuah pantai yang berada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Pantai Jayanti menawarkan Anda suasana pantai yang sesungguhnya karena tidak ada bentrokan antara suara dan pemandangan alam dengan suara bising dan gerumulan pengunjung lainnya. Disini tidak seperti pantai "beken" lainnya, karena lokasi atau belum banyak dikenal maka pengunjung pantai ini pun minim, sehingga kita bisa merasakan kesederhanaan dan sensasi lautan yang sebenarnya.

17. Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah sebuah lokasi wisata yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995 atas prakarsa ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992 untuk area agrowisata. Objek wisata yang terletak di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur ini menawarkan beberapa konsep wisata yang berkaitan dengan bunga yang tentunya tidak akan membuat anda bosan saat berada di kawasan tersebut.

18. Telaga Biru
Telaga Biru

Telaga Biru adalah sebuah telaga yang terletak di kaki gunung Gede yang memiliki luas sekitar 500 m2. Ketenangan alam akan Anda rasakan saat berada di objek wisata yang terletak di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur ini. Memerlukan sekitar setengah jam dari Gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk menuju lokasi tersebut, dengan jarak tempuh sekitar 1,5 km.

19. Tirta Jangari
Tirta Jangari

Tirta Jangari adalah sebuah lokasi bagian dari Waduk Cirata yang berlokasi di Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur. Lokasi wisata ini bagaikan sebuah pedesaan terapung, karena banyaknya rumah apung dan keramba-keramba ikannya yang jadikan tempat pembesaran / peternakan ikan. Di Tirta Jangari tersedia perahu umum yang akan mengajak pengunjung berkeliling menikmati pemandangan disekeliling waduk, dan tersedia pula penginapan terapung bila Anda ingin merasakan sensasi terlelap diatas air atau bermalam disini.

20. Waduk Cirata
Waduk Cirata

Waduk Cirata merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar di Asia Tenggara, yang dapat memproduksi energi listrik sekitar 1.428 Giga Watthour (GWh) pertahun. Waduk yang membendung aliran Sungai Citarum ini setiap harinya selalu banyak dikunjungi orang-orang yang ingin bersantai untuk melepas penat atau pun berekreasi beserta keluarga. Tersedia warung-warung yang menyediakan paket nasi liwet plus ikan bakar plus tempat untuk bersantai menikmati keindahan alam disekitar. Secara administratif objek wisata bendungan tersebut berada di Kabupaten Purwakarta, namun sebagian waduk berada di wilayah Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

First


EmoticonEmoticon